PERANCANGAN ANIMASI 2D EDUKASI PENGENALAN DEFORESTASI UNTUK ANAK USIA 8-12 TAHUN

Authors

  • Nur Anil Chakimi Universitas Negeri Surabaya
  • M Ro'is Abidin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v3i1.44779

Abstract

Deforestasi adalah peristiwa hilangnya tutupan hutan beserta isinya hingga menyebabkan rusaknya struktur dan fungsi hutan. Deforestasi menimbulkan dampak permanen pada alam juga mendatangkan bencana alam pada manusia seperti longsor, banjir, kekeringan, pemanasan global dan krisis pangan. Meskipun banyak upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah seperti sertifikasi Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) dan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK), tetap menunjukkan adanya peristiwa deforestasi yang terjadi. Edukasi mengenai pentingnya hutan telah diberikan kepada anak-anak pada materi sekolah maupun dari iklan layanan masyarakat, dibutuhkan penegasan kembali materi pengenalan deforestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep hingga proses perancangan media edukasi berupa animasi 2D yang bertemakan pengenalan deforestasi sebagai solusi atas permasalahan yang timbul akibat deforestasi. Animasi ini dirancang menggunakan metode pemecahan masalah design thinking oleh Kelley dan Brown. Animasi ini memuat materi berupa pengenalan kondisi hutan sebelum, ketika, sesudah terjadinya deforestasi serta dampak yang terjadi. Hasil dari perancangan ini berupa Animasi 2D yang berdurasi 3 menit. Diharapkan dengan adanya perancangan animasi ini, masyarakat dapat mengenal apa itu deforestasi dan dampak yang terjadi setelahnya. Animasi ini ditujukan kepada anak dengan rentang usia 8-12 tahun telah dipublikasikan dalam platform Youtube. Keywords: Deforestasi, animasi, edukasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Chakimi, N. A., & Abidin, M. R. (2022). PERANCANGAN ANIMASI 2D EDUKASI PENGENALAN DEFORESTASI UNTUK ANAK USIA 8-12 TAHUN. BARIK, 3(1), 220–234. https://doi.org/10.26740/jdkv.v3i1.44779

Issue

Section

Articles
Abstract views: 521 , PDF Downloads: 1164