PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PALETTE KOSMETIK REFILL SEBAGAI KAMPANYE RAMAH LINGKUNGAN

Authors

  • Herlinda Purbasari1 Universitas Negeri Surabaya
  • Nova Kristiana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v3i1.44782

Abstract

Perancangan ini dilatarbelakangi karena menumpuknya sampah yang terkontaminasi bahan kimia dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai kepedulian lingkungan dan penggunaan bahan kemasan plastik dalam kehidupan sehari-hari terutama pada bidang kecantikan dan menumpuknya sampah pl susah untuk didaur ulang selain itu juga mengakibatkan pencemaran lingkungan karena kosmetik mengandung bahan kimia. Dengan adanya kampanye lingkungan melalui produk kemasan ini diharapkan dapat mengedukasi secara langsung tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan memanfaatkan produk yang ada seperti produk refill dan yang secara tidak langsung mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penerapan hidup minimalism. Proses perancangan ini menggunakan metode Design Thinking yang berawal dari suatu masalah yang ada, yang dilanjutkan dengan hasil pembahasan dari data observasi yang mana akan mengarah pada rencana perancangan produk. Kemudian akan dilanjutkan dengan adanya konsep dan visualisasi desain. Terakhir adalah hasil desain atau final desain yang akan dieksekusi untuk perancangan kampanye kemasan ini. Media utama yang digunakan berupa kemasan baik kemasan primer dan sekunder, kemudian ditambahkan beberapa media pendukung yang lainnya. Konsep yang digunakan yaitu diferensiasi terhadap bahan dan visualisasi kemasan yang diharapkan dapat memberi hasil karya yang sesuai dengan perancangan. Dari perancangan ini akan memunculkan sebuah kebiasaan baru bagi pecinta maupun pengguna makeup dengan kebiasaan yang minimalism dan lebih ramah lingkungan. Kata kunci: Kemasan kosmetik, ramah lingkungan, reusable, sustainable, palette

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Purbasari1, H., & Kristiana, N. (2022). PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PALETTE KOSMETIK REFILL SEBAGAI KAMPANYE RAMAH LINGKUNGAN. BARIK, 3(1), 248–262. https://doi.org/10.26740/jdkv.v3i1.44782

Issue

Section

Articles
Abstract views: 772 , PDF Downloads: 2163