PERANCANGAN POP UP BOOK PEMBELAJARAN IPS MATERI JENIS KEGIATAN EKONOMI UNTUK KELAS IV SDN KETINTANG 1 SURABAYA

  • Ayu Mentari Fatihah Universitas Negeri Surabaya
  • Hendro Aryanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tingkat penangkapan materi pada siswa kelas IV SD terhadap pelajaran IPS terutama pada materi jenis kegiatan ekonomi masih tergolong rendah. Salah satu faktornya disebabkan oleh literasi yang rendah pada siswa. Selain itu, guru juga kurang mengembangkan cara pembelajaran pada materi ini. Sehingga menyebabkan banyak siswa yang kurang paham dan berakibat mendapatkan nilai dibawah rata-rata. Penelitian ini dilakukan untuk merancang buku ilustrasi pop up dengan tujuan membantu meningkatkan pemahaman pelajaran IPS materi jenis kegiatan konomi. Rumusan masalah penelitian yaitu bagaimana cara merancang buku ilustrasi pop up pembelajaran IPS materi Jenis Kegiatan Ekonomi kelas 4 SD agar dapat meningkatkan pemahaman materi tersebut. Penelitian ini berbasis kualitatif dengan metode analisis SWOT, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui proses wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada guru Kelas IV SDN Ketintang 1. Tahap uji coba produk dilakukan oleh 3 anak kelas IV SD untuk mengetahui kelayakan pada buku ini. Secara keseluruhan, audiens menyukai buku ini karena ilustrasi yang berwarna dan menarik, serta dengan adanya pop up yang interaktif pada materi membuat audiens menjadi mudah memahami dan antusias saat mempelajari materi ini. Kata Kunci: Buku Pop Up, Pembelajaran IPS, Literasi, Kegiatan Ekonomi
Published
2022-04-19
How to Cite
Fatihah, A., & Aryanto, H. (2022). PERANCANGAN POP UP BOOK PEMBELAJARAN IPS MATERI JENIS KEGIATAN EKONOMI UNTUK KELAS IV SDN KETINTANG 1 SURABAYA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(2), 66-77. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/45893
Section
Articles
Abstract Views: 364
PDF Downloads: 459