ANALISIS SEMIOTIKA DESAIN KARAKTER SILVERASH PADA GAME ARKNIGHTS

Authors

  • Vinsensa Audrey Roseline Waluyo Universitas Negeri Surabaya
  • Asidigisianti Surya Patria Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v3i2.46205

Abstract

Arknights merupakan game berjenis Tower and Defense dengan ciri khas karakter game yang didesain berdasarkan personifikasi hewan maupun makhluk mitologi sebagai daya tariknya. SilverAsh merupakan salah satu karakter pada game Arknights yang merupakan personifikasi dari hewan macan tutul salju, serta merupakan salah satu karakter game yang berpengaruh pada pengembangan jalan cerita Arknights. Sebagai karakter fiksi yang didesain berdasarkan hewan, tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat berbagai referensi mitologi yang terdapat pada kebudayaan tertentu. Macan tutul salju merupakan hewan langka yang berendemik di dataran Asia Tengah dan selatan, sekaligus memiliki pengaruh besar dalam cerita mitologi yang terdapat pada kebudayaan masyarakatnya. Dalam teori Roland Barthes, terdapat dua tatanan yang digunakan untuk menganalisa suatu obyek penelitian, yaitu tatanan pertama yang berfungsi untuk menelaah tanda dari obyek penelitian, serta tatanan kedua yang berfungsi untuk menelaah lebih dalam tanda yang telah didapatkan dari tatanan awal. Pada pengkajian ini, desain karakter SilverAsh akan ditelaah dalam dua tatanan pengkajian untuk mendapatkan hasil berupa bentuk konotasi serta mitos yang terdapat pada visual desain karakter SilverAsh.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-23

How to Cite

Waluyo, V. A. R., & Patria, A. S. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA DESAIN KARAKTER SILVERASH PADA GAME ARKNIGHTS. BARIK, 3(2), 78–88. https://doi.org/10.26740/jdkv.v3i2.46205

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2795 , PDF Downloads: 2278