PERANCANGAN MEDIA PROMOSI ONLINE SEBLAK SALIWANG SEBAGAI UMKM DI SIDOARJO

  • Krisna Lesmana Viadiputra Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Cahyo Kusumandyoko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Seblak saliwang merupakan salah satu usaha makananan yang bergerak dibidang kuliner. Perencanaan yang akan dilakukan adalah merancang media promotion yang tepat dan sesuai dengan target audiens serta target market seblak saliwang. Lebih tepatnya media promosi dalam usaha menyebabkan kurangnya awareness dikalangan masyarakat. Untuk itu, seblak saliwang menginfokan promosi ini dengan cara yang berbeda agar lebih unggul dari para pesaingnya. Rencana ini memberikan suatu konsep promotion yang sesuai dengan positioning seblak saliwang sebagai usaha makanan yang mengutamakan kenyamanan, masakan yang di masakan oleh owner secara langsung menggunakan bumbu rahasia serta memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Rencana media promotion ini dilakukan melalui perencanaan yang efektif menggunakan SWOT sebagai alat penetapan strategi kreatif agar hasilnya sesuai dengan karakteristik pasar. Kegiatan promosi yang dilakukan adalah promosi berupa media cetak dan promosi konten media sosial dengan pilihan media video atau gambar bergerak sebagai media utama dan media pendukungnya seperti promosi, stiker, brosur, leaflet, merchandise, x-banner, Signage (Papan Nama Toko). Melalui perancangan media promosi ini seblak saliwang akan kembali menjadi usaha makanan yang diminati masyarakat, terutama di kota Sidoarjo. Kata kunci : Usaha, Perencanaan, Media promosi, Kuliner.
Published
2022-05-30
How to Cite
Viadiputra, K., & Kusumandyoko, T. (2022). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI ONLINE SEBLAK SALIWANG SEBAGAI UMKM DI SIDOARJO. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(2), 104-111. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/46319
Section
Articles
Abstract Views: 527
PDF Downloads: 633