PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DEDADO BATIK DI SURABAYA

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kain batik merupakan bahan yang dapat di mix and match menjadi pakaian resmi atau pakaian OOTD (outfit of the day) yang lebih kekinian. Storytelling konten yang kuat harus tetap dipertahankan agar Dedado Batik tidak ketinggalan trending. Pemasalahan utama Dedado Batik yang berdiri sejak tahun 2017, yaitu hanya berfokus pada penjualan offline. Oleh karena itu, untuk mengupayakan tertinggalnya strategi penjualan, ini maka Dedado Batik memutuskan untuk memanfaatkan peluang media sosial Tiktok yang memiliki keunggulan dalam penyebaran kontennya tidak dibatasi oleh followers saja. Pemanfaatan media sosial, bertujuan agar brand lebih mudah terhubung dengan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan obyek penelitian yakni Dedado Batik. Pengambilan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur, selanjutnya dilakukan analisis Design Thinking sebagai dasar dalam perancangan konsep desain promosi. Hasil perancangan promosi melalui media sosial dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa Dengan dukungan Influence yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, mengubah opini dan perilaku seseorang. Media sosial Tiktok beserta konten didalamnya diharapkan dapat membentuk suatu persepsi baik akan sebuah produk yang semakin dikenal masyarakat, sehingga dapat terjadi kesadaran merek. Keywords: Tiktok, Storytelling, Konten
Published
2022-06-06
How to Cite
Nurhayati, N., & Islam, M. (2022). PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DEDADO BATIK DI SURABAYA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(2), 112-124. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/46488
Section
Articles
Abstract Views: 1113
PDF Downloads: 3122