PERANCANGAN REFERENSI GAYA BERPAKAIAN THRIFTING MELALUI FEED INSTAGRAM

  • Anggie Arta Mevia Setiyana Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Asidigisianti Surya Patria Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Fenomena anak muda di Surabaya yang terpengaruh dengan adanya perusahaan fast fashion yang mudah dijangkau di mall-mall besar di Surabaya seperti H&M, ZARA, TopShop serta spill fashion TikTok membuat jumlah produk fashion menjadi berlimpah dan membawa dampak buruk pada lingkungan. Thrifting adalah sebuah kegiatan membeli barang bekas terutama pakaian dengan tujuan membantu mengurangi pencemaran lingkungan yang dihasilkan oleh kegiatan fast fashion serta dapat membantu untuk berhemat membeli pakaian baru. Tujuan dari perancangan ini adalah bagaimana merancang sebuah desain konten referensi daily outfit menggunakan pakaian bekas hasil thrifting yang sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat yang diunggah melalui platform Instagram. Hal ini dibuat sebagai bentuk informasi kepada masyarakat bahwasannya menggunakan pakaian bekas bukanlah sesuatu yang memalukan dan masih dapat terlihat stylish. Penelitian dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan metode analisis data 5W+1H. Hasil dari perancangan yang diberikan adalah suatu aplikasi berupa foto dan desain dalam bentuk feed Instagram yang fungsinya untuk membuat anak muda di Surabaya semakin tertarik dengan kegiatan thrifting dengan menampilan referensi-referensi gaya berpakaian menggunakan pakaian bekas. Keywords: Fashion, Thrift, Fotografi, Feed Instagram, Referensi.
Published
2022-06-14
How to Cite
Putri, A., & Patria, A. (2022). PERANCANGAN REFERENSI GAYA BERPAKAIAN THRIFTING MELALUI FEED INSTAGRAM. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(2), 125-137. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/46710
Section
Articles
Abstract Views: 1642
PDF Downloads: 3989