151 PERANCANGAN MASKOT UNTUK MENDUKUNG IDENTITAS VISUAL OBJEK WISATA AIR MERAMBAT RORO KUNING BAJULAN NGANJUK

Authors

  • Riko Alamsah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ro'is Abidin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v3i2.47278

Abstract

Air Merambat Roro Kuning di Desa Bajulan Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu wisata alam yang cukup dikenal oleh masyarakat Nganjuk dan sekitarnya. Saat awal dibuka pada tahun 2006 lebih dari 100 pengunjung yang datang ke lokasi ini setiap harinya tetapi jumlah pengunjung mengalami penurunan pada 3 tahun terakhir. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung, termasuk perbaikan infrastruktur dan promosi, namun hal tersebut belum tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah merancang ide, konsep, proses dan hasil perancangan maskot. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ide, konsep, proses dan hasil perancangan maskot objek wisata Air Merambat Roro Kuning untuk menyampaikan informasi yang menarik bagi masyarakat luas. Metode penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Sedangkan untuk proses perancangan maskot ini menggunakan metode Design Thinking menurut Kelley dan Brown. Hasil dari perancangan ini berupa Maskot 2D dari sosok Dewi Roro Kuning sebagai media pendukung dalam promosi diposting dalam Instagram, dan juga diaplikasikan pada media banner, poster, serta brosur. Kata Kunci: Air Merambat Roro Kuning, Maskot, Design Thinking, Perancangan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Alamsah, R., & Abidin, M. R. (2022). 151 PERANCANGAN MASKOT UNTUK MENDUKUNG IDENTITAS VISUAL OBJEK WISATA AIR MERAMBAT RORO KUNING BAJULAN NGANJUK. BARIK, 3(2), 151–164. https://doi.org/10.26740/jdkv.v3i2.47278

Issue

Section

Articles
Abstract views: 502 , PDF Downloads: 1613