151 PERANCANGAN MASKOT UNTUK MENDUKUNG IDENTITAS VISUAL OBJEK WISATA AIR MERAMBAT RORO KUNING BAJULAN NGANJUK

  • Riko Alamsah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ro'is Abidin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Air Merambat Roro Kuning di Desa Bajulan Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu wisata alam yang cukup dikenal oleh masyarakat Nganjuk dan sekitarnya. Saat awal dibuka pada tahun 2006 lebih dari 100 pengunjung yang datang ke lokasi ini setiap harinya tetapi jumlah pengunjung mengalami penurunan pada 3 tahun terakhir. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung, termasuk perbaikan infrastruktur dan promosi, namun hal tersebut belum tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah merancang ide, konsep, proses dan hasil perancangan maskot. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ide, konsep, proses dan hasil perancangan maskot objek wisata Air Merambat Roro Kuning untuk menyampaikan informasi yang menarik bagi masyarakat luas. Metode penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Sedangkan untuk proses perancangan maskot ini menggunakan metode Design Thinking menurut Kelley dan Brown. Hasil dari perancangan ini berupa Maskot 2D dari sosok Dewi Roro Kuning sebagai media pendukung dalam promosi diposting dalam Instagram, dan juga diaplikasikan pada media banner, poster, serta brosur. Kata Kunci: Air Merambat Roro Kuning, Maskot, Design Thinking, Perancangan
Published
2022-06-28
How to Cite
Alamsah, R., & Abidin, M. (2022). 151 PERANCANGAN MASKOT UNTUK MENDUKUNG IDENTITAS VISUAL OBJEK WISATA AIR MERAMBAT RORO KUNING BAJULAN NGANJUK. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(2), 151-164. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/47278
Section
Articles
Abstract Views: 311
PDF Downloads: 1107