RETORIKA VISUAL IKLAN GOJEK VERSI PESAN DARI RUMAH BUAT KITA YANG DI JALAN

  • Airin Febbilya Indah Pradani Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Sarana transportasi menjadi aspek penting di kehidupan masyarakat. Di Indonesia, transportasi digunakan di lingkungan desa hingga perkotaan. Gojek berdiri pada 2015 dan menjadi salah satu pelopor moda transportasi online yang turut membantu dalam pembangunan ekonomi dan industrialisasi. Pada awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan merebaknya Coronavirus yang membuat seluruh aspek kehidupan manusia harus beradaptasi dalam keadaan baru. Salah satu upaya nyata Gojek adalah meluncurkan kampanye #PesanDariRumah ke media sosial dan mengunggah iklan Pesan dari Rumah Buat Kita yang di Jalan sebagai iklan pertama dari seri iklan #PesanDariRumah pada Maret 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui retorika visual dari iklan Pesan dari Rumah Buat Kita yang di Jalan dalam menyampaikan pesan untuk saling jaga sesama. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan langkah penga-matan do¬kumen menggunakan Tinjauan Desain serta penggunaan segitiga retorik Hesford dan Brueggemann pada tahap interpretasi, lalu mengevaluasi iklan dengan teori retorika visual Sonja K. Foss. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa dalam setiap scene iklan mengungkapkan tentang perubahan sosial budaya akibat Covid-19 dalam hal hubungan orang tua dan anak yaitu kebutuhan anak akan rasa kasih sayang yang menjadi salah satu hierarki kebutuhan manusia serta menampilkan upaya adaptasi Gojek dalam melayani kastamer di tengah pandemi untuk menarik calon konsumen. Keywords: Retorika Visual, Tinjauan Desain, Iklan, Perubahan Sosial Budaya, Gojek.
Published
2022-07-11
How to Cite
Pradani, A., & Islam, M. (2022). RETORIKA VISUAL IKLAN GOJEK VERSI PESAN DARI RUMAH BUAT KITA YANG DI JALAN. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 12-24. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48243
Section
Articles
Abstract Views: 514
PDF Downloads: 1432