REKA CIPTA ILUSTRASI KARTU TAROT ARKANA MAYOR BERDASARKAN KARAKTER GAME GENSHIN IMPACT

  • Mutia Mandasari Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tarot merupakan seperangkat set kartu permainan bergambar dan alat meditasi yang distigmatisasi oleh fenomena kultural, merupakan karya seni refleksi diri yang diilustrasikan melalui simbolisme kompleks mewakilkan belasan sifat inti manusia melalui pola teori psikologi Jungian Archetypes. Tarot terdiri dari 78 lembar kartu yang tersusun dari 22 lembar Arkana Mayor dan 56 lembar Arkana Minor. Pemakna kartu bebas menafsirkan arti tarot melalui pendekatan psikologi maupun spiritualitas. Kartu tarot bertema fantasi yang menerapkan teori arketipe masih sulit ditemukan. Meskipun di pasaran telah beredar kartu tarot bertemakan Genshin Impact, namun fungsi utama kartu tersebut justru lebih sebagai kartu koleksi, menjadikannya sulit digunakan sebagai media permainan tarot karena kartu yang tidak lengkap secara umum ditemuinya simbolisme yang tidak akurat. Melalui permasalahan ini, dibuatlah perancangan media ilustrasi Kartu Tarot bertema fantasi dengan berdasarkan literatur psikologi Jungian. Penelitian menerapkan metode kualitatif deskriptif dalam pengolahan data, serta analisis pasar melalui metode USP. Wujud akhir dari perancangan tersebut adalah terciptanya proof of concept yang berupa lima dari 22 kartu Tarot Genshin Impact Major Arcana yang diadaptasi oleh cerita dan karakter fantasi Genshin Impact yang merupakan gim bertema fantasi tersukses di dunia selama dua tahun terakhir. Kata Kunci: Tarot, Simbolisme, Arketipe, Fantasi, Genshin Impact
Published
2022-07-11
How to Cite
Mandasari, M., & Islam, M. (2022). REKA CIPTA ILUSTRASI KARTU TAROT ARKANA MAYOR BERDASARKAN KARAKTER GAME GENSHIN IMPACT. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 92-105. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48255
Section
Articles
Abstract Views: 354
PDF Downloads: 446