ANALISIS ONLINE ENGAGEMENT KONTEN VISUAL TERHADAP FEED INSTAGRAM MAMABEARID

  • Natasha Arminta Salsabil Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penggunaan Instagram sebagai media penyebaran informasi tidak dapat dihindari lagi, media ini sering dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk megenalkan produk maupun jasanya salah satunya adalah Mamabear. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui jenis konten yang telah diunggah dan konten seperti apa yang memeperoleh banyak engagement pada akun Instagram Mamabear berdasarkan data Insight. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik analisis menurut Miles dan Huberman yang meliputi data reduction, data display, dan ditutup dengan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mamabear membagi kontennya menjadi lima jenis yaitu konten edukasi, produk, promosi, hiburan, dan event. Selanjutnya diketahui engagement tertinggi berdasarkan data insight adalah konten edukasi, dan terendah didapatkan oleh konten Event. Meskipun Mamabear dapat menyampaikan pesan dalam setiap kontennya melalui komponen desain komunikasi visual dan tidak ada perbedaan yang signifikan berdasarkan unsur desainnya, masih banyak faktor lain yang turut mempengaruhi minat audience sehingga munculah ketimpangan angka engagement yaitu isi konten yang kurang relate dengan audience, teknik copywriting yang tidak efektif, konten kurang terkonsep baik dari segi isi maupun desainnya, jam posting molor dan kurangnya share. Kata Kunci: Instagram, Mamabear, Konten Visual, Online Engagement, Insight.
Published
2022-07-11
How to Cite
Salsabil, N., & Islam, M. (2022). ANALISIS ONLINE ENGAGEMENT KONTEN VISUAL TERHADAP FEED INSTAGRAM MAMABEARID. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 106-117. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48273
Section
Articles
Abstract Views: 297
PDF Downloads: 204