PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN GIZI SEIMBANG SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK USIA 9-12 TAHUN

  • Ida Aminahrul Rizkha Universitas Negeri Surabaya
  • Meirina Lani Anggapuspa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Gizi seimbang bagi anak usia 9-12 tahun sangat penting karena di usia ini anak perlu asupan gizi yang baik agar mampu melakukan aktivitas secara optimal. Berdasarkan hasil survei, anak pada usia ini masih banyak yang tidak memahami pentingnya gizi seimbang sehingga anak dengan mudah mengonsumsi makanan dan minuman yang beresiko. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan gizi seimbang pada anak usia 9-12 tahun, membuat suasana belajar sambil bermain dengan media board game yang memiliki unsur interaktif sehingga anak mampu belajar lewat membaca, melihat visual permainan, dan mengingat teknik permainan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data 5W+1H, mengumpulkan data dengan wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Metode perancangan yang digunakan adalah 5 Phases of Design Process dari Robin Landa, yaitu (1) Orientation, (2) Analysis and Strategy, (3) Conceptual Design, (4) Design Development, (5) Implementation. Wawancara dilakukan dengan orangtua, anak sekolah dasar dan ahli gizi. Hasil penelitian ini adalah board game serta komponennya dengan judul permainan “Gizi Go : Gizi Seimbang Game” menggunakan alur permainan seperti monopoly game. Kata Kunci: Gizi Seimbang, Board Game, Media Edukasi
Published
2022-07-19
How to Cite
Rizkha, I., & Anggapuspa, M. (2022). PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN GIZI SEIMBANG SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK USIA 9-12 TAHUN. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 175-189. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48614
Section
Articles
Abstract Views: 527
PDF Downloads: 1197