PERANCANGAN BUKU POP-UP TEMA PROFESI PETANI UNTUK ANAK TK DHARMA WANITA PERSATUAN GEBANG

Authors

  • Alam Alfarobi Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudi Marsudi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v4i1.48642

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena tidak adanya media penunjang pembelajaran yang kreatif dan menarik pada tematik profesi khususnya subtema profesi petani, media yang digunakan hanya menggunakan media yang sudah ada atau media konvesional seperti buku paket, sehingga anak mudah bosan dan mengantuk ketika di kelas, akibatnya materi yang diberikan tidak dicerna dengan optimal. Salah satu media pembelajaran yang relevan bagi anak TK adalah buku pop-up. Melalui buku tersebut, guru dapat menyampaikan materi ke siswa tentang profesi petani dengan lebih menyenangkan, sehingga siswa tidak bosan dalam proses pembelajaran dan dapat menangkap materi yang diberikan dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep dan proses visualisasi buku pop-up. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menerapkan model ADDIE menurut Sugiyono (2015) terdapat 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan metode Miles dan Huberman (1992) dijelaskan bahwa analisis kualitatif dibagi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa buku pop-up yang telah divalidasi oleh ahli dan guru dinyatakan layak untuk digunakan memperoleh skor 87% dari ahli materi, 100% dari ahli media, dan 94% dari penilaian guru. Kata Kunci: Media Pembelajaran , Profesi Petani, Buku Pop-Up, Anak TK, Model ADDIE

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Alfarobi, A., & Marsudi, M. (2022). PERANCANGAN BUKU POP-UP TEMA PROFESI PETANI UNTUK ANAK TK DHARMA WANITA PERSATUAN GEBANG. BARIK, 4(1), 219–232. https://doi.org/10.26740/jdkv.v4i1.48642

Issue

Section

Articles
Abstract views: 208 , PDF Downloads: 477