PERANCANGAN BUKU POP-UP TEMA PROFESI PETANI UNTUK ANAK TK DHARMA WANITA PERSATUAN GEBANG

  • Alam Alfarobi Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudi Marsudi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena tidak adanya media penunjang pembelajaran yang kreatif dan menarik pada tematik profesi khususnya subtema profesi petani, media yang digunakan hanya menggunakan media yang sudah ada atau media konvesional seperti buku paket, sehingga anak mudah bosan dan mengantuk ketika di kelas, akibatnya materi yang diberikan tidak dicerna dengan optimal. Salah satu media pembelajaran yang relevan bagi anak TK adalah buku pop-up. Melalui buku tersebut, guru dapat menyampaikan materi ke siswa tentang profesi petani dengan lebih menyenangkan, sehingga siswa tidak bosan dalam proses pembelajaran dan dapat menangkap materi yang diberikan dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep dan proses visualisasi buku pop-up. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menerapkan model ADDIE menurut Sugiyono (2015) terdapat 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan metode Miles dan Huberman (1992) dijelaskan bahwa analisis kualitatif dibagi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa buku pop-up yang telah divalidasi oleh ahli dan guru dinyatakan layak untuk digunakan memperoleh skor 87% dari ahli materi, 100% dari ahli media, dan 94% dari penilaian guru. Kata Kunci: Media Pembelajaran , Profesi Petani, Buku Pop-Up, Anak TK, Model ADDIE
Published
2022-07-20
How to Cite
Alfarobi, A., & Marsudi, M. (2022). PERANCANGAN BUKU POP-UP TEMA PROFESI PETANI UNTUK ANAK TK DHARMA WANITA PERSATUAN GEBANG. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 219-232. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48642
Section
Articles
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 350