REPRESENTASI HEROISME JEPANG PADA GUNDAM UNICORN: SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA

  • Nandio Dhaniel Audisa Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Cahyo Kusumandyoko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Budaya populer adalah sebuah fenomena berskala global, muncul di akhir abad 20 dan awal abad 21, budaya populer meliputi banyak sekali hal. Media massa sangat berperan penting dalam perkembangannya, sehingga bisa menjangkau berbagai macam lapisan masyarakat. Jepang, adalah negara yang memiliki banyak sekali pop culture diantaranya adalah anime, salah satu genre anime yang paling diminati yaitu mecha. Mobile Suit Gundam Unicorn adalah sebuah animasi bertema mecha, Gundam Unicorn sangat berkaitan dengan budaya Jepang dan kini telah menjadi sebuah icon pop culture Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan makna visual, sejarah dan budaya yang ada dalam Gundam Unicorn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan analisis serta studi literatur, untuk mendukung teori penelitian ini. Hasil analisis tersebut antara lain, analisis makna tanda dalam karakter gundam unicorn, proses representasi heroisme jepang pada gundam, bagaimana sosok samurai menjelma menjadi sosok gundam unicorn dan elemen samurai pada gundam unicorn. Semiotika dalam desain komunikasi visual, ada untuk menjelaskan fenomena dari suatu visual, kajian ini berperan sebagai rujukan penelitian di masa depan, tentang analisis visual karakter dengan metode penelitian yang sama. Kata Kunci: Gundam, Mecha, Pop culture Jepang, Semiotika, Roland Barthes
Published
2022-07-20
How to Cite
Audisa, N., & Kusumandyoko, T. (2022). REPRESENTASI HEROISME JEPANG PADA GUNDAM UNICORN: SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 233-245. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48643
Section
Articles
Abstract Views: 258
PDF Downloads: 467