PERANCANGAN LABEL PADA KEMASAN SUPERO2 SUPER YOUR LIFE PT. TANOBEL FOOD

  • Yusuf Pangeran Al Dinsyah Universitas Negeri Surabaya
  • Nova Kristiana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

SuperO2 Super Your Life merupakan inovasi dari produk SuperO2 Sportivo, yang sebelumnya kurang menarik minat pembeli. Perancangan ini dilatarbelakangi adanya keinginan PT. Tanobel dalam membuat identitas baru terhadap produk air mineral beroksigen dalam kemasan untuk memperbaiki citra lama SuperO2 Sportivo yang dianggap kurang menarik minat konsumen dikarenakan desain kemasan yang seperti minuman isotonik. Fokus utama penelitian ini adalah perancangan label melalui visual yang tepat, untuk menyampaikan dan memperkuat identitas produk SuperO2 Super Your Life. Penelitian dilakukan dengan metode analisis SWOT untuk membantu mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi produk. Berdasarkan data hasil survey dan observasi, dapat disimpulkan bahwa untuk perancangan desain label SuperO2 SYL memiliki 3 konsep atau tema dasar dalam penyusunannya, yaitu fresh, oxygen, dan healthy. Hal inilah yang mendasari kesan yang ingin disampaikan kepada konsumen dan juga menjadi pembeda dengan merek air mineral lainnya. Dengan adanya desain label ini, diharapkan desain tersebut dapat membangun identitas produk, serta menyampaikan pesan kepada konsumen, bahwa SuperO2 Super Your Life merupakan produk minuman beroksigen yang lebih unggul dibandingkan produk lain, dan berkenan di hati konsumen. Kata Kunci: label, desain, design thinking, SuperO2, Tanobel.
Published
2022-08-04
How to Cite
Dinsyah, Y., & Kristiana, N. (2022). PERANCANGAN LABEL PADA KEMASAN SUPERO2 SUPER YOUR LIFE PT. TANOBEL FOOD. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(2), 38-48. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48988
Section
Articles
Abstract Views: 202
PDF Downloads: 314