PERANCANGAN DESAIN KARAKTER MOBILE GAME “PASARAN JAWA” UNTUK EDUKASI REMAJA

  • Brillyan Jeniza Maulia Universitas Negeri Surabaya
  • Hendro Aryanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Budaya penyebutan pekan dikenal sebagai pancawara dalam budaya Jawa dan Bali, pasaran dalam Bahasa Jawa. Remaja 12—18 tahun saat ini kurang tahu akan pasaran Jawa dikarenakan tidak adanya materi pembelajaran untuk budaya pasaran disekolah. Perancangan dibuat dari hasil survei diisi remaja usia 12—18 tahun yang sudah terbiasa bermain mobile game, bertepatan tempat tinggal penulis yang berada di Kediri maka survei dilakukan di Daerah Kediri, Blitar dan Tulungagung. Desain karakter mobile game sebagai output karya bertujuan membantu remaja tidak hanya senang saat bermain game. Dengan karakter yang menggambarkan budaya Jawa ke dalam mobile game diharap remaja bisa menikmati bermain dan belajar tentang budaya melalui karakter dari mobile game secara menyenangkan dan mudah. Pembuatan karakter berfokus menggambarkan pasaran Jawa yang mengisyaratkan warna cahaya dengan balutan busana khas Jawa. Menggunakan metode kualitatif dengan data dari survei dan dokumentasi, metode analisis 5W1H untuk konsep pembuatan karakternya, dipilih karena kecocokan pengumpulan data. Perancangan bertujuan memberikan edukasi dengan menampilkan karakter pasaran Jawa Legi, Pon, Pahing, Wage, dan Kliwon dalam wujud manusia. Hasil rancangan sudah diuji coba ke remaja 12—18 tahun dan mendapatkan hasil karya sudah memenuhi kriteria untuk media edukasi pasaran Jawa dengan persentase 85% yang dikategorikan valid. Kata Kunci: Desain karakter, Pancawara, Pasaran Jawa, Mobile game.
Published
2022-08-29
How to Cite
Maulia, B., & Aryanto, H. (2022). PERANCANGAN DESAIN KARAKTER MOBILE GAME “PASARAN JAWA” UNTUK EDUKASI REMAJA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(2), 102-115. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/49215
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 422