REDESAIN KEMASAN JENANG KELAPA MUDA ABDOEL CHAKIM KHAS JOMBANG

Authors

  • Fattahillah Pratama Aji Universitas Negeri Surabaya
  • Meirina Lani Anggapuspa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v4i2.49247

Abstract

Indonesia adalah Negara yang memiliki berbagai macam kekayaan budaya. Dari sekian banyak kekayaan budaya yang ada, salah satunya adalah kekayaan kuliner tradisional. Salah satu kuliner tradisional yang ada di Indonesia adalah Jenang atau Dodol. Di Kabupaten Jombang terdapat olahan jenang khasnya sendiri, yaitu jenang kelapa muda. Pertama kali ditemukan pada tahun 1987 oleh Abdoel Chakim, kini telah memiliki brand corporate-nya sendiri yaitu Jenang Kelapa Muda Abdoel Chakim. Dalam pemasarannya, Jenang Kelapa Muda Abdoel Chakim menggunakan kemasan yang sama sejak pertama kali didirikan pada tahun 1987. Hal ini membuat daya saingnya kurang jika dibandingkan dengan merek-merek jenang lain yang sudah melakukan redesain dan rebranding. Melalui perancangan ini, nantinya akan dibuat desain kemasan baru untuk meningkatkan daya saing dan estetika kemasan yang diharapkan juga bisa meningkatkan daya saing merek jenang ini di pasar. Perancangan ini nantinya akan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data primer untuk perancangan ini akan diperoleh melalui proses wawancara, sedangkan data-data sekunder akan diperoleh melalui proses studi pustaka. Hasil akhir perancangan ini adalah menciptakan logo baru, desain kemasan baru, dan mockup media pendukung. Kata Kunci: Redesain, Jenang Kelapa Muda, Kemasan, Kabupaten Jombang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Aji, F. P., & Anggapuspa, M. L. (2022). REDESAIN KEMASAN JENANG KELAPA MUDA ABDOEL CHAKIM KHAS JOMBANG. BARIK, 4(2), 131–145. https://doi.org/10.26740/jdkv.v4i2.49247

Issue

Section

Articles
Abstract views: 258 , PDF Downloads: 261