REDESAIN KEMASAN JENANG KELAPA MUDA ABDOEL CHAKIM KHAS JOMBANG

  • Fattahillah Pratama Aji Universitas Negeri Surabaya
  • Meirina Lani Anggapuspa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Indonesia adalah Negara yang memiliki berbagai macam kekayaan budaya. Dari sekian banyak kekayaan budaya yang ada, salah satunya adalah kekayaan kuliner tradisional. Salah satu kuliner tradisional yang ada di Indonesia adalah Jenang atau Dodol. Di Kabupaten Jombang terdapat olahan jenang khasnya sendiri, yaitu jenang kelapa muda. Pertama kali ditemukan pada tahun 1987 oleh Abdoel Chakim, kini telah memiliki brand corporate-nya sendiri yaitu Jenang Kelapa Muda Abdoel Chakim. Dalam pemasarannya, Jenang Kelapa Muda Abdoel Chakim menggunakan kemasan yang sama sejak pertama kali didirikan pada tahun 1987. Hal ini membuat daya saingnya kurang jika dibandingkan dengan merek-merek jenang lain yang sudah melakukan redesain dan rebranding. Melalui perancangan ini, nantinya akan dibuat desain kemasan baru untuk meningkatkan daya saing dan estetika kemasan yang diharapkan juga bisa meningkatkan daya saing merek jenang ini di pasar. Perancangan ini nantinya akan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data primer untuk perancangan ini akan diperoleh melalui proses wawancara, sedangkan data-data sekunder akan diperoleh melalui proses studi pustaka. Hasil akhir perancangan ini adalah menciptakan logo baru, desain kemasan baru, dan mockup media pendukung. Kata Kunci: Redesain, Jenang Kelapa Muda, Kemasan, Kabupaten Jombang
Published
2022-09-02
How to Cite
Aji, F., & Anggapuspa, M. (2022). REDESAIN KEMASAN JENANG KELAPA MUDA ABDOEL CHAKIM KHAS JOMBANG. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(2), 131-145. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/49247
Section
Articles
Abstract Views: 185
PDF Downloads: 184