PERANCANGAN POSTER IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PENCEGAHAN COVID 19 DI ERA NEW NORMAL BAGI WARGA KARANG REJO VII SURABAYA

  • Aditya Sukma Firmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudi Marsudi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Memasuki era pembiasaan baru atau new normal pasca adanya pandemi Covid 19, masih banyak warga masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Hal ini juga tampak pada warga Karang Rejo Kota Surabaya dalam aktivitas sehari-hari sebagian besar warga tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan. Oleh karenanya perlu upaya untuk mengingatkan dan mempengaruhi mereka agar mau mematuhi protokol kesehatan, yaitu melalui perancangan Iklan Layanan Masyarakat yang relevan dengan kondisi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep poster sebagai media iklan layanan masyarakat tentang pencegahan covid 19, dan mendeskripsikan visualisasi poster sebagai media iklan layanan masyarakat tentang pencegahan covid 19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis 5W+1H. Hasil perancangan ini berupa poster ILM tentang pentingnya pencegahan covid 19 di era New Normal melalui penerapan protokol kesehatan. Keywords: Covid, new normal, poster, ILM
Published
2022-09-22
How to Cite
Firmansyah, A., & Marsudi, M. (2022). PERANCANGAN POSTER IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PENCEGAHAN COVID 19 DI ERA NEW NORMAL BAGI WARGA KARANG REJO VII SURABAYA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(2), 146-159. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/49368
Section
Articles
Abstract Views: 168
PDF Downloads: 564