ANALISIS MAKNA TANDA PADA KARAKTER WIRO DALAM GIM ONLINE ARENA OF VALOR

  • Aulifia Alfinia Fahrudin Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ro'is Abidin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Gim online berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya minat masyarakat Indonesia dalam menggunakan internet untuk bermain gim. Arena of Valor adalah gim strategi bergenre MOBA yang merilis Wiro sebagai hero kolaborasi dengan Lifelike Pictures, Caravan Studio, Tencent dan Garena sebagai pengembang gim. Wiro diadaptasi dari karakter fiksi dalam serial novel karya Bastian Tito yaitu Wiro Sableng atau Pendekar 212 yang dirilis pada tahun 1967. Wiro menjadi hero lokal pertama dalam gim dengan desain karakter yang memiliki elemen pendukung sebagai hero tipe bertahan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan teknik analisis visual Edmund Feldman, sedangkan pada tahap Interpretasi dilakukan dengan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk mengkaji tanda denotasi, konotasi, dan mitos terkait makna visual pada karakter Wiro dalam gim Arena of Valor. Hasil dari penelitian ini adalah hero Wiro merupakan adaptasi dari pendekar Wiro Sableng dengan menambahkan kesan baru yang mengikuti zaman tanpa meninggalkan satupun aspek yang terdapat pada karakter Wiro Sableng, mulai dari tato 212, senjata, kostum. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan pengalaman visualiasi baru pada hero Wiro dalam gim AOV mulai dari segi kostum dan elemen-elemen gim online, serta penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya dalam menganalisis hero dalam gim online. Kata Kunci: Gim online, Arena of Valor, analisis visual, semiotika, Wiro
Published
2022-12-19
How to Cite
Fahrudin, A., & Abidin, M. (2022). ANALISIS MAKNA TANDA PADA KARAKTER WIRO DALAM GIM ONLINE ARENA OF VALOR. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(2), 170-184. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/50332
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 203