KOMIK DIGITAL “NGERTENI AKSARA JAWA” SEBAGAI UPAYA MENGENALKAN AKSARA JAWA UNTUK SISWA USIA 9 TAHUN DI SDN ANGGASWANGI II

  • Wulan Rafiqah Apsari
  • Nova Kristiana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran yang digunakan kurang efektif dan menyebabkan siswa kurang memahami materi aksara jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep, tahapan, dan hasil perancangan Komik digital “Ngerteni Aksara Jawa” sebagai upaya mengenalkan aksara jawa untuk siswa usia 9 tahun di SDN Anggaswangi II. Pada penelitian ini menggunakan metode design thinking, melalui 5 proses tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan guru kelas III dan survei terhadap 25 siswa kelas III di SDN Anggaswangi II, dan data sekunder melalui studi pustaka seperti jurnal dan artikel. Data yang telah diperoleh melalui wawancara, selanjutnya diolah menggunakan metode analisis data 5W+1H (What, Who, Where, When, Why, How). Penelitian ini menghasilkan media utama berupa komik digital berbantu QR Code dan media penunjang yaitu komik cetak A3 APG (Alat Peraga Guru) dan Poster cetak A3. Pada tahap validasi penelitian ini menggunakan skala likert mendapatkan rata-rata skor validasi 3,5. Hasil penelitian diujicobakan kepada siswa SD kelas III data pretest dan post-test, angket respon siswa dan wali murid sebagai uji efektif produk perancangan terhadap pemahaman siswa mengenai aksara jawa. Berdasarkan hasil tersebut maka Komik Digital ini layak digunakan untuk media pembelajaran. Kata Kunci: Aksara Jawa, Komik Digital, QR Code, Media Pembelajaran.
Published
2023-01-11
How to Cite
Apsari, W., & Kristiana, N. (2023). KOMIK DIGITAL “NGERTENI AKSARA JAWA” SEBAGAI UPAYA MENGENALKAN AKSARA JAWA UNTUK SISWA USIA 9 TAHUN DI SDN ANGGASWANGI II. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(2), 214-226. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/50735
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 361