PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN RUKUN ISLAM UNTUK ANAK USIA 9-12 TAHUN

  • Intan Anabella Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Meirina Lani Anggapuspa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan agama merupakan pendidikan dasar yang mengajarkan manusia untuk mengenal, memahami, hingga mengamalkan ajaran agama Islam pada kehidupannya. Pentingnya memberikan pendidikan agama sejak dini untuk memudahkan individu dalam mencapai tujuannya. Salah satu permasalahan yang dihadapi ketika proses pembelajaran agama Islam yaitu, sulitnya menentukan metode pengajaran dan pemilihan materi, serta kurang ditekannya sebagai proses membangun karakter. Board game muncul sebagai salah satu media yang menunjang kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Menghasilkan media permainan sekaligus media alternatif untuk kegiatan pembelajaran, (2) Menghasilkan konsep media pembelajaran anak usia 9-12 tahun untuk menambah pengetahuan rukun Islam melalui permainan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis menggunakan 5W+1H untuk mendapatkan konsep desain board game. Hasil dari penelitian ini berupa media permainan board game yang membahas rukun Islam. Media board game ini diuji cobakan pada anak-anak yang usia 9-12 tahun yang beragama Islam. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil yang terbatas, board game sudah bisa dijadikan sebagai media untuk menambah pengetahuan anak dengan cara yang menyenangkan. Keywords: Media Pembelajaran, Board Game, Rukun Islam
Published
2023-01-12
How to Cite
Putri, I., & Anggapuspa, M. (2023). PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN RUKUN ISLAM UNTUK ANAK USIA 9-12 TAHUN. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(2), 227-241. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/50760
Section
Articles
Abstract Views: 284
PDF Downloads: 550