REDESAIN CORPORATE IDENTITY PT. MODULE INTRACS YASATAMA

  • Elsya Sheykha Aqila Universitas Negeri Surabaya
  • Meirina Lani Anggapuspa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

PT. Module Intracs Yasatama (INTRACS) merupakan sebuah perusahaan pelopor Gardu Tol Otomatis (GTO) di Indonesia yang menggunakan E-Toll sebagai metode pembayaran sistem tol. Sejak awal berdirinya, INTRACS telah memiliki logo sebagai identitas visual mereka. Kini, logo tersebut tidak lagi relevan karena perubahan citra INTRACS yang tak lagi hanya mengelola dan memasok peralatan jalan tol saja, namun telah berkembang dan merambah industri perbankan maupun aviasi dan telekomunikasi. Hal tersebut membuat direktur utama INTRACS, yakni Hendri Siaril akhirnya memutuskan untuk me-rebranding logo perusahaan agar lebih relevan dengan perkembangan jaman dan sesuai dengan visi misi perusahaan. Perancangan re-branding ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis SWOT dan metode perancangan design thinking oleh Gavin Embrose dan Paul Harris. Hasil akhir re-branding ini berupa GSM dari perubahan logo INTRACS yang disesuaikan dengan fungsi dan identitas baru perusahaan dengan visual yang lebih fresh dan modern. Logo juga diimplementasikan dalam media digital seperti web dan social media, serta berbagai media lainnya seperti; Company Profile, Bussiness Card, ID Card, Stationary, Van, Uniform, dan Helmet. Kata kunci : Re-Branding, Logo, Perancangan, PT MODULE INTRACS YASATAMA.
Published
2023-01-18
How to Cite
Aqila, E., & Anggapuspa, M. (2023). REDESAIN CORPORATE IDENTITY PT. MODULE INTRACS YASATAMA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(3), 90-102. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/50895
Section
Articles
Abstract Views: 170
PDF Downloads: 158