PERANCANGAN LYRICS VIDEO “DUNIA SEKITAR” SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI ZAKAT DAN WAKAF

  • Giri Dwi Prasetyo Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Cahyo Kusumandyoko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Menurut Pusat Kajian Strategis BAZNAS dan Badan Wakaf Indonesia, indeks literasi zakat dan wakaf masyarakat berada di angka 66,78 dan tergolong ke dalam indeks rendah. Hal tersebut harus ditingkatkan lagi demi mencapai target indeks literasi zakat dan wakaf yang ideal. Salah satu upaya peningkatan indeks literasi zakat dan wakaf dapat dilakukan dengan sosialisasi melalui media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan proses merancang lyrics video “Dunia Sekitar” yang memuat ajakan berzakat dan berwakaf. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan Design Thinking oleh Gavin Ambrose. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode dari Miles & Huberman dengan mereduksi data, studi literatur, dan observasi menjadi sebuah narasi deksriptif. Hasil penelitian ini diunggah ke Instagram dan YouTube berupa video dengan durasi 2 menit 15 detik yang memuat ajakan dalam meningkatkan kegiatan berzakat dan berwakaf dan ditujukan kepada masyarakat dengan rentang usia 14-25 tahun. Implikasi penelitian ini berdampak pada peningkatan indeks literasi zakat dan wakaf nasional 2022 bersama dengan program-program yang telah diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Kata Kunci: Lyrics Video, Motion Graphics, Zakat, Wakaf, Literasi
Published
2023-02-07
How to Cite
Prasetyo, G., & Kusumandyoko, T. (2023). PERANCANGAN LYRICS VIDEO “DUNIA SEKITAR” SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI ZAKAT DAN WAKAF. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(3), 180-193. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/51214
Section
Articles
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 77