REDESAIN IDENTITAS VISUAL MEDIA INFORMASI DIGITAL OTOJATIM

  • Patrick Nisfu Syahbani Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ro'is Abidin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Otojatim merupakan satu media informasi digital yang membahas seputar otomotif yang memiliki anggapan bahwa logo pada Otojatim kurang bisa pahami oleh khalayak umum. Hal ini dapat mempengaruhi tingkat penjualan pada media yang berupa akses audiens dan iklan. Oleh karena itu Otojatim memutuskan untuk redesain yang utamanya ada pada logo. Perancangan redesain identitas visual Otojatim ini bertujuan untuk membangun ulang visi yang dijadikan fondasi yakni agar semua audiens dapat menerima informasi yang faktual dan up to date mengenai otomotif, tidak hanya dikhususkan untuk penggiat otomotif saja. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT dan STP untuk memilih segmentasi market dan metode Design Thinking oleh Gavin Ambrose dengan beberapa tahap meliputi Define, Research, Ideate, Prototype, Select, Implement, Learn. Hasil dari redesain identitas visual perusahaan ini berupa perubahan pada logo yang telah disesuaikan dengan target market. Logo diimplementasikan berupa Graphic Standart Manual (GSM) yang didalamnya diaplikasikan pada beberapa media meliputi seragam, mobil, business card, ID card, signboard, dan feed Instagram. Kata Kunci: Redesain, Media Informasi, Logo, Otojatim, Otomotif
Published
2023-02-22
How to Cite
Syahbani, P., & Abidin, M. (2023). REDESAIN IDENTITAS VISUAL MEDIA INFORMASI DIGITAL OTOJATIM. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(3), 230-243. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/51381
Section
Articles
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 182