PERANCANGAN PROMOSI UMKM ALPUKAT KOCOK AVOCADOS BERBASIS MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE

Authors

  • Qulbi Machmudianta Universitas Negeri Surabaya
  • Hendro Aryanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v4i3.51476

Abstract

Avocados merupakan UMKM yang sudah ada sejak 2021 di Surabaya, avocados menjual alpukat kocok dan beberapa varian yang disajikan dengan bahan dasar alpukat. Melalui perkembangan teknologi di zaman sekarang, banyak UMKM yang menggunakan media sosial dan e-commerce sebagai platform pemasaran untuk menarik daya beli konsumen. Avocados sendiri sudah beroperasi 1 tahun lebih, namun sayangnya avocados belum menunjukan peningkatan yang signifikan, promo dan iklan yang diberikan melalui media sosial cenderung passive. Oleh karena itu peneliti membuat perancangan promosi melalui beberapa media social dan aplikasi e-commerce untuk. Dalam membuat perancangan ini peneliti menggunakan jeni penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Iklan dan promosi tersebut nantinya akan di upload melalui media sosial dengan berisikan beberapa macam konten seperti video, foto, dan quiz, dan menggunakan teknik analisis SWOT. Sedangkan untuk promo e-commerce avocados menggunakan promo diskon. Dengan adanya media social dan aplikasi e-commerce di harapkan dapat mempermudah dari sisi penjual dan pembeli. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pangsa pasar avocados menjadi semakin luas dengan adanya promosi melalui media sosial dan e-commerce, pembelian menjadi lebih mudah dan efisien selain itu, keterlibatan pihak perantara seperti kurir juga menunjukan dampak positif dari pemaksimalan media sosial dalam proses bisnis khususnya promosi produk kuliner. Kata Kunci: Perancangan, Media Sosial, UMKM, Aplikasi e-commerce

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Machmudianta, Q., & Aryanto, H. (2023). PERANCANGAN PROMOSI UMKM ALPUKAT KOCOK AVOCADOS BERBASIS MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE. BARIK, 4(3), 244–258. https://doi.org/10.26740/jdkv.v4i3.51476

Issue

Section

Articles
Abstract views: 328 , PDF Downloads: 1454