PERANCANGAN DESAIN KEMASAN HOSHII UDON

Authors

  • Farida Nursanti Yonara Universitas Negeri Surabaya
  • Hendro Aryanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Maraknya pembelian makanan melalui aplikasi online membuat persaingan yang ketat antar pemilik bisnis kuliner di Indonesia. Hoshii Udon merupakan salah satu bisnis kuliner di Kabupaten Sidoarjo yang menjual makanan Jepang lewat aplikasi online dengan menu utamanya udon. Permasalahan yang dihadapi adalah tidak memiliki kemasan yang menggambarkan identitas merek dan memberikan informasi mengenai produk yang dipasarkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang desain kemasan sebagai upaya membangun citra Hoshii Udon agar dapat bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai pengumpulan data, sedangkan teknik SWOT & VIEW digunakan sebagai metode analisis data. Berdasarkan hasil identifikasi data, dapat disimpulkan bahwa untuk perancangan desain kemasan Hoshii Udon memiliki 3 konsep dalam penyusunannya, yaitu ceria, hangat, dan modern. Hasil akhir dari penelitian ini berupa label kemasan yang akan diterapkan pada media paper bowl dan paper sleeve sebagai kemasan primer, 3 kemasan takeaway dan 1 kemasan kardus sebagai kemasan sekunder. Kata Kunci: UMKM, Desain Kemasan, Identitas Visual

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Yonara, F. N., & Aryanto, H. (2023). PERANCANGAN DESAIN KEMASAN HOSHII UDON. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 5(1), 1–14. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/52891

Issue

Section

Articles
Abstract views: 132 , PDF Downloads: 252