PERANCANGAN KOMIK MEDIA EDUKASI BANGUN DATAR UNTUK KELAS 4 SEKOLAH DASAR AL ISLAM PLUS KRIAN

Authors

  • Nur Azizah Shinta Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudi Marsudi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v5i1.52892

Abstract

Matematika merupakan salah satu materi pembelajaran utama di sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA. Matematika bukan sekadar mata pelajaran tentang menghafal rumus namun juga belajar tentang konsep, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Pada sekolah dasar, mata pelajaran matematika seringkali sulit dipahami oleh anak-anak dengan tipe pembelajaran tertentu. Oleh karenanya perlu adanya alat bantu pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya melalui media gambar atau cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep dan proses perancangan komik sebagai media pembelajaran bangun datar bagi siswa sekolah dasar kelas 4. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mendeskripsikan konsep dan proses perancangan komik sebagai media pembelajaran bangun datar pada mata pelajaran matematika bagi siswa SD Al Islam Plus Krian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara dengan guru dan siswa serta melakukan observasi di sekolah. Analisis data mengacu Miles dan Huberman (2014) meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan dalam perancangan media menerapkan metode ADDIE menurut Dick & Carey (1996) yang terdiri dari analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Hasil perancangan berupa komik cetak untuk edukasi siswa SD Al Islam Plus Krian yang telah divalidasi dan diujicoba. Kata Kunci: Matematika, Komik, Media pembelajaran, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Dewi, N. A. S., & Marsudi, M. (2023). PERANCANGAN KOMIK MEDIA EDUKASI BANGUN DATAR UNTUK KELAS 4 SEKOLAH DASAR AL ISLAM PLUS KRIAN. BARIK, 5(1), 15–26. https://doi.org/10.26740/jdkv.v5i1.52892

Issue

Section

Articles
Abstract views: 176 , PDF Downloads: 225