PERANCANGAN VIDEO PROFIL PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNESA SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAGI MASYARAKAT

Authors

  • Muhammad Ainun Rosyid Nurullah Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudi Marsudi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v5i1.56142

Abstract

Keberadaan Program Studi Desain Komunikasi Visual Unesa masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas terutama di luar daerah Jawa Timur. Menanggapi fenomena tersebut maka perlu dibuat media informasi yang efektif, yakni video profil. Tujuan perancangan Video Profil Program Studi Desain Komunikasi Visual Unesa ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kurikulum dan kegiatan pembelajaran, sumber daya manusia, sarana-prasarana, prestasi, serta kegiatan lainnya agar masyarakat tertarik untuk masuk di Program Studi Desain Komunikasi Visual Unesa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mendeskripsikan konsep, proses, dan hasil perancangan Video Profil Program Studi Desain Komunikasi Visual Unesa. Penelitian menggunakan pendekatan Design Thinking menurut Ford (2010) dengan menerapkan metode kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, serta studi literatur, selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian berupa video profil yang memuat informasi mengenai Program Studi Desain Komunikasi Visual Unesa dengan durasi 00.05.36. Hasil validasi video profil yang dirancang berdasarkan aspek informasi yang ingin didapatkan oleh masyarakat, telah layak digunakan dengan nilai kelayakan mencapai 95%. Kata Kunci: video profil, desain komunikasi visual unesa, design thinking

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Nurullah, M. A. R., & Marsudi, M. (2023). PERANCANGAN VIDEO PROFIL PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNESA SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAGI MASYARAKAT. BARIK, 5(1), 96–109. https://doi.org/10.26740/jdkv.v5i1.56142

Issue

Section

Articles
Abstract views: 182 , PDF Downloads: 341