PENGEMBANGAN PROTOTYPE APLIKASI TUTORKITA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT PENGGUNA DI EXCELSIS LEARNING CENTER
Abstract
Tutorkita merupakan aplikasi pembelajaran berbasis mobile yang dikembangkan oleh Excelsis Learning Center (ELC) sejak tahun 2022, sebagai media pembelajaran untuk murid dan tutor. Dari hasil observasi yang telah dilakukan ditemukan permasalahan utama yakni tampilan UI belum mengikuti tren desain saat ini dan kurang konsisten dalam menerapkan prinsip dan elemen UI/UX serta . Tujuan dari penelitian ini untuk membuat konsep, melalui proses, dan menghasilkan produk pengembangan berupa prototype aplikasi Tutorkita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research & development Sugiono yang dikorelasikan dengan metode pengembangan menggunakan design thinking versi IDEO. Pengumpulan data primer dilakukan dengan teknik observasi, angket, wawancara, dan data sekunder dilakukan dengan studi pustaka dari buku dan jurnal terdahulu. Proses pengembanagan menggunakan prosedur design thinking melalui 5 tahap yakni, emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prototype aplikasi Tutorkita yang dapat dijadikan sebagai alternatif ide pengembangan oleh Excelsis Learning Center. Kata Kunci : Prototype, Aplikasi Mobile, Pembelajaran, Tutorkita.
Published
2023-12-27
How to Cite
Putra Ramadhan, M., & Abidin, M. (2023). PENGEMBANGAN PROTOTYPE APLIKASI TUTORKITA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT PENGGUNA DI EXCELSIS LEARNING CENTER. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 5(2), 45-59. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/57979
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 25