KAJIAN SEMIOTIKA PEIRCE PADA KOMIK SPAWN ISU 1 TAHUN 1992 KARYA TODD MCFARLANE

  • Rif'an Maulana Ahmad Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Spawn adalah komik amerika dibawah lisensi Image Comics yang menceritakan tentang Spawn sebagai anti-hero. Proses pengilustrasian komik ini memiliki refrensi dan inspirasi yang didapat dari dunia nyata. Penelitian ini dibuat untuk mempelajari dan memahami bagaimana pengaruh unsur sosial budaya pada penggambaran karakter Spawn sebagai anti-hero dan makna yang bisa diinterpretasikan dari tanda yang bisa ditemukan. Pengkajian menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif serta didukung dengan teori semiotika milik Charles Sanders Peirce melalui tiga tahap pemaknaan berupa representamen, objek dan interpretan yang setelah itu dilakukan proses evaluasi untuk melihat pengaruh unsur sosial budaya dan makna dari pengimplementasiannya terhadap karakter Spawn. Hasil dari pengkajian pada komik ini menemukan pengaruh sosial budaya terhadap penggambaran yang ada pada karakter “Spawn” dan makna yang bisa di interpretasikan. Penelitian ini penting untuk dilakukan agar lebih memahami detail kecil yang ada pada suatu tanda secara visual yang bisa dipahami dari berbagai aspek dan sudut pandang sebagai bentuk kepekaan terhadap pesan yang coba dikomunikasikan dalam bentuk visual sebagaimana peran dkv untuk menyampaikan pesan secara visual. Kata Kunci: Sosial Budaya, Komik Spawn, Visual, Semiotika, Peirce
Published
2024-02-23
How to Cite
Ahmad, R., & Islam, M. (2024). KAJIAN SEMIOTIKA PEIRCE PADA KOMIK SPAWN ISU 1 TAHUN 1992 KARYA TODD MCFARLANE. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 5(2), 196-209. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/58861
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 24