PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL MUSEUM R HAMONG WARDHOYO
Abstract
Museum R Hamong Wardhoyo adalah salah satu ikon Kabupaten Boyolali yang berisikan sejarah, budaya, seni dan peninggalan purbakala yang banyak ditemukan di Boyolali. Museum R Hamong Wardhoyo memiliki 200 koleksi yang terdiri dari; Diorama, kereta kencana, keris, arca dan lainnya dimana beberapa koleksi adalah merupakan hibahan dari beberapa tokoh di Boyolali. Meskipun menjadi salah satu ikon Kabupaten Boyolali namun sayangnya Museum R Hamong Wardoyo masih kurang diminati oleh masyarakat, selama ini museum kesulitan dalam mempromosikan diri untuk meningkatkan minat masyarakat agar datang ke museum khususnya remaja, salah satunya karena museum belum memiliki identitas visual. Oleh karena itu perlu adanya perancangan identitas visual dan Museum R Hamong Wardhoyo berupa logo yang akan diaplikasikan dalam berbagai media yang bertujuan untuk mengenalkan museum ke masyarakat dan meningkatkan citra positif museum sehingga akan membuat masyarakat khusunya remaja tertarik untuk berkunjung ke Museum R Hamong Wardhoyo. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif yang diawali dengan mengumpukan data primer dan sekunder berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik 5W+1H dan dirancang menggunakan teori perancangan Robin Landa, yaitu orientation, analysis, conception, design dan implementation. Desain dibuat dengan style minimalis dengan mengembangkan bentuk ikonik dari museum yaitu atap dan langit-langit museum dengan logotype yang didapatkan dari mengembangkan tipografi sans serif. Logo museum mempunyai warna merah yang berasal dari warna lambang Kabupaten Boyolali, sedangkan bentuk visual garis pada logogram mempunyai makna semangat dan profesionalitas museum untuk melestarikan sejarah dan budaya di Kabupaten Boyolali sesuai dengan visi dan misi museum. Setelah tercipta final design, logo diimplementasikan dalam berbagai media. Hasil yang didapatkan dari perancangan ini yaitu berupa logo dan penerapan pada media promosi berupa Brosur, desain sosial media Instagram, Merchandise, Wayfinding dan Graphic Standard Manual. Kata Kunci: Identitas visual, perancangan, Museum R Hamong Wardhoyo
Published
2024-05-20
How to Cite
Kurniawan, M., & Anggapuspa, M. (2024). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL MUSEUM R HAMONG WARDHOYO. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 5(2), 260-274. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/59369
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 23