PERANCANGAN VIDEO PROFIL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA PENGELOLAAN INFORMASI MAJAPAHIT (PIM)
Abstract
Unit Pengelolaan Informasi Majapahit (PIM) atau yang biasa dikenal dengan Museum Majapahit memiliki banyak peninggalan bersejarah dengan nilai yang sangat tinggi. Namun tingginya nilai sejarah tidak dibarengi dengan sebuah media untuk promosi dan berbagi informasi, sehingga minimnya informasi yang dapat diakses oleh calon pengunjung. Video merupakan salah satu alat yang efisien untuk menyampaikan informasi kepada audiens. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Metode analisis yang dipakai adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, treath). Metode perancangan yang digunakan adalah Design Thinking oleh Hasso-Plattner Institute of Design at Standford yang terdiri dari lima tahapan, yaitu emphatize, define, ideate, prototype, test. Hasil perancangan pada penelitian ini berupa video profil yang menampilkan gambarang dan informasi terkini dari PIM, serta ajakan kepada audiens untuk melestarikan dan belajar tentang sejarah melalui peninggalan-peninggalan yang ada di PIM. Sebagai kebutuhan promosi, video tersebut ditampilkan di PIM dan sosial media berupa youtube agar dapat diakses oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan agar calon pengunjung tidak minim informasi dan tertarik untuk berkunjung dan belajar sejarah di PIM. Kata kunci: Pengelolaan Informasi Majahpahit, Video profil, promosi.
Published
2024-05-27
How to Cite
Azmi, L., & Islam, M. (2024). PERANCANGAN VIDEO PROFIL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA PENGELOLAAN INFORMASI MAJAPAHIT (PIM). BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 5(2), 275-285. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/59698
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 6