ANALISIS RETORIKA VISUAL IKLAN MARJAN SERI “BARUNA SANG PENJAGA SAMUDRA” EPISODE 1
Abstract
Sudut pandang retorika visual dapat menjabarkan makna konotasi yang muncul di suatu karya dan merepresentasikan makna persuasif pada karya visual. Iklan Marjan seri “Baruna Sang Penjaga Samudra” Episode 1 menyajikan tayangan karya visual dengan alur cerita yang unik sehingga menarik untuk diulas dalam perspektif retorika visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menjabarkan makna konotasi atau visual retorika yang muncul pada karya visual dan menemukan makna persuasive pada karya. Metode penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan menerapkan teori retorika visual Sonja K. Foss yakni akan dikaji dengan tiga tahap, yang pertama yakni tahap Nature Of Image yang berupa Presented Elements dan Suggested Element karya visual, tahap Function Of Image, dan Evaluasi Of Image. Iklan Marjan ini menyampaikan legenda masyarakat, isu lingkungan, dan memberikan tampilan visual dengan teknologi CGI (Computer-Generated Imagery) yang merupakan pencitraan 3D digital yang dapat memberikan efek lebih nyata pada sebuah adegan film. Iklan Marjan memberikan edukasi pencegahan pencemaran lingkungan dengan cara menampilkan visualisasi dampak besar dari pencemaran lingkungan yang disampaikan dalam bentuk visual cerita legenda masyarakat. Kata kunci: Retorika, retorika visual, iklan, iklan Marjan 2023.
Published
2024-05-30
How to Cite
Fathimatuzzahro, N., & Kusumandyoko, T. (2024). ANALISIS RETORIKA VISUAL IKLAN MARJAN SERI “BARUNA SANG PENJAGA SAMUDRA” EPISODE 1. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 5(2), 286-297. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/59942
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 20