RE-BRANDING UPT MUSEUM NEGERI MPU TANTULAR PROVINSI JAWA TIMUR

Authors

  • MOCHAMMAD HANIF FAJARI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Muhamad Ro’is Abidin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i1.62209

Abstract

UPT Museum Negeri Mpu Tantular Provinsi Jawa Timur berperan penting dalam menjaga kelestarian sejarah dan budaya, khususnya di Jawa Timur. Kurangnya daya tarik visual dan kesadaran masyarakat mengenai keberadaan museum, menjadi tantangan utama yang harus dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi re-branding yang konsisten untuk meningkatkan citra dan kunjungan museum. Penelitian ini mencakup proses pembuatan logo, elemen visual, media pendukung, dan penyusunan Graphic Standard Manual (GSM). Metode perancangan ini menggunakan design thinking Hasso-Plattner Institute of Design at Stanford dengan teknik analisis SWOT dan STP. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa re-branding yang dirancang lebih modern dan interaktif dapat menumbuhkan minat dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan museum. Implementasi re-branding pada berbagai media pendukung meliputi media sosial Instagram, Brosur, Billboard, Signage, Wayfinding, Seragam Staf, Id Card & Lanyard, Stationery, Tiket Gelang, Megaphone, Merchandise, Poster, Bendera, Banner, Roll Up Banner, dan Mobil. Dengan re-branding ini, diharapkan jumlah kunjungan museum dapat meningkat dan menjadi tempat rekreasi dan edukasi yang lebih menarik untuk masyarakat Jawa Timur hingga mancanegara. Kata Kunci: Re-Branding, Logo, Graphic Standard Manual, Museum, UPT Museum Negeri Mpu Tantular Provinsi Jawa Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

FAJARI, M. H., & Abidin, M. R. (2024). RE-BRANDING UPT MUSEUM NEGERI MPU TANTULAR PROVINSI JAWA TIMUR. BARIK, 6(1), 157–171. https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i1.62209

Issue

Section

Articles
Abstract views: 147 , PDF Downloads: 216