PERANCANGAN MASKOT SEBAGAI IDENTITAS VISUAL APLIKASI AKSARANESIA.CO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i1.62398Abstract
Aksaranesia.co merupakan aplikasi yang dirancang sebagai media yang mendukung kegiatan literasi peserta didik di SMA ITP Surabaya. Pada tahap uji coba aplikasi, peserta didik merespon negatif aspek visual aplikasi ini karena dianggap hampa dan monoton. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti melakukan analisis kebutuhan dengan metode studi eksisting bersama peserta didik. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi Aksaranesia.co memerlukan aspek visual yang dapat membuat mereka lebih mengenal dan meningkatkan daya tarik peserta didik untuk menggunakannya. Sebagai solusinya, peneliti merancang identitas visual berupa maskot untuk Aksaranesia.co. Pemilihan maskot sebagai identitas visual didasarkan pada potensi untuk memperkuat citra brand dan mencerminkan tujuan brand dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perancangan maskot sebagai identitas visual aplikasi Aksaranesia.co sekaligus menguji validitasnya. Metode perancangan yang digunakan adalah design thinking dari David Kelley dan Tim Brown. Proses perancangan maskot diawali dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui wawancara dengan peserta didik dan para ahli, studi literatur, dan komparasi maskot aplikasi yang sudah ada. Hasil dari perancangan ini adalah empat desain karakter sebagai maskot aplikasi Aksaranesia.co. Konsep karakter memuat penggambaran ekspresi dan kepribadian layaknya peserta didik yang sedang menjalankan kegiatan literasi menggunakan Aksaranesia.co. Kata Kunci: Aksaranesia.co, Identitas Visual, MaskotDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-07-11
How to Cite
Ma’sum, A. A., & Kusumandyoko, T. C. (2024). PERANCANGAN MASKOT SEBAGAI IDENTITAS VISUAL APLIKASI AKSARANESIA.CO. BARIK, 6(1), 207–219. https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i1.62398
Issue
Section
Articles

