ANALISIS VISUAL FILM READY PLAYER ONE DENGAN KETERKAITAN PERKEMBANGAN AUGMENTED REALITY PADA METAVERSE

Authors

  • Mohammad Daffa Danendra Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Cahyo Kusumandyoko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Ready Player One merupakan novel yang telah diadaptasikan menjadi sebuah film. Penelitian ini menganalis permasalahan dalam memahami relevansi dan implikasi dari representasi AR dan Metaverse dalam film terhadap perkembangan teknologi di dunia nyata. Hyperreality sendiri menjadi titik yang perlu dicapai untuk membuktikan keselarasan Virtual dan Reality. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menerapkan 4 tahapan dari dalam analisisnya. Pada tahap deskriptif, diuraikan adegan-adegan dari perspektif seadanya. Pada tahap analisis, dibahas bagaimana unsur dan elemen tersebut membentuk susunan yang konseptual. Pada tahap interpretasi diungkap makna yang terkandung dalam adegan-adegan tersebut. Pada tahap evaluasi diungkap kesesuaian adegan-adegan tersebut dengan makna sesungguhnya. Dengan mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan-permasalahan ini, skripsi ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih komprehensif tentang hubungan antara elemen visual dalam film "Ready Player One" dengan perkembangan teknologi AR dan Metaverse, serta dampaknya pada penonton dan industri hiburan. Kata Kunci: Analisis Visual, Ready Player One, Augmented Reality.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Putra, M. D. D., & Kusumandyoko, T. C. (2024). ANALISIS VISUAL FILM READY PLAYER ONE DENGAN KETERKAITAN PERKEMBANGAN AUGMENTED REALITY PADA METAVERSE. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 6(2), 1–15. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/62933

Issue

Section

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0