Perancangan Booklet Sebagai Media Promosi Kampoeng Kopi Banaran
Abstract
Kopi (Coffea sp) merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi di antara tanaman perkebunan lainnya dan berperan penting dalam menghasilkan devisa negara. Selain menghasilkan produk kopi, perkebunan kopi juga dapat dijadikan sebagai agrowisata. Salah satu agrowisata kopi di Jawa Tengah adalah Kampoeng Kopi Banaran, yang dimiliki dan dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara 1 Regional 3. Promosi di Kampoeng Kopi Banaran sebelumnya dilakukan dengan menggunakan selebaran brosur terpisah sebanyak 7 lembar, yang ternyata belum optimal dan efektif. Wisatawan membutuhkan informasi yang lebih rinci dan praktis. Masalah tersebut urgensi dalam melakukan perancangan ini yang bertujuan untuk menyampaikan informasi secara menarik dan informatif dalam bentuk yang lebih praktis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan Design Thinking serta analisis data menggunakan SWOT (strength, weakness, opportunities, threat). Proses perancangannya adalah menggabungkan 7 materi dari brosur sebelumnya, diharapkan promosi Kampoeng Kopi Banaran dapat menjadi lebih optimal dan efektif. Perancangan ini menghasilkan booklet berukuran A5 serta media pendukung berupa e-booklet dan katalog yang menjadi penunjang media utama sebagai media promosi. Kata Kunci: Perancangan, Booklet, Agrowisata, PromosiDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-07-26
How to Cite
Rijali, A. P., & Islam, M. A. (2024). Perancangan Booklet Sebagai Media Promosi Kampoeng Kopi Banaran. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 6(2), 66–78. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/63263
Issue
Section
Articles