PERANCANGAN VIDEO 3D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL KADIPATEN SURABAYA (1443 - 1625) DI SMA KOTA SURABAYA
Abstract
Pengetahuan akan sejarah merupakan salah satu pengetahuan utama yang perlu dipelajari Peserta Didik pada tingkat Menengah seperti SMA. Namun Peserta Didik SMA Kota Surabaya masih menemui berbagai kesulitan dalam pembelajaran sejarah, kesulitan itu diantara lain disebabkan berbagai hal, seperti kurangnya waktu pembelajaran di dalam kelas, statisnya pembelajaran yang diselenggarakan, dan materi yang dirasa kurang menggugah atau relevan terhadap Peserta Didik. Maka dari itu alternatif pembelajaran berupa sebuah Video 3D yang dapat ditonton pada kapan saja yang bermaterikan sesuatu yang lekat dengan hubungan spasial peserta didik berupa Kota Surabaya dapat menjadi pembelajaran alternatif yang pantas untuk diuji. Maka dari itu Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun, mendeskripsikan proses, dan menghasilkan karya perancangan Video 3D tersebut. Metode Perancangan dilakukan dengan metode ADDIE, yaitu Analyze, Desing, Develop, Implement, and Evaluate. Penelitian menghasilkan hasil yang positif bagi persepsi peserta Didik terhadap media pembelajaran, namun menghasilkan hasil yang tidak berpengaruh pada level komprehensi peserta didik. Disimpulkan media pembelajaran alternatif peserta didik berupa Video 3D cocok untuk pendekatan peningkatan ketertarikan citrea materi pembelajaran, namun tidak cocok sebagai penopang utama pembelajaran. Keywords: Video, Sejarah, Surabaya, Kesultanan, Sekolah, PembelajaranDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-07-29
How to Cite
Al Ghifari, M. F., & Ardani, M. W. (2024). PERANCANGAN VIDEO 3D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL KADIPATEN SURABAYA (1443 - 1625) DI SMA KOTA SURABAYA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 6(2), 90–104. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/63408
Issue
Section
Articles