PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI PROMOSI DESA WISATA KAMPUNG MAJAPAHIT BEJIJONG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i2.64002Abstract
Potensi ekonomi suatu daerah dapat diangkat dan dikembangkan melalui identitas unik yang dimilikinya. Identitas ini mencakup berbagai aspek seperti kekayaan alam, intelektual, infrastruktur, dan destinasi wisata yang khas. Identitas unik suatu daerah tidak hanya menjadi ciri khas yang membedakannya dari daerah lain, tetapi juga berperan penting dalam menciptakan daya tarik dan simbol potensi yang mampu menarik minat berbagai pihak, termasuk wisatawan, investor, dan pelaku bisnis, sehingga perlu dikelola secara optimal untuk memajukan pertumbuhan ekonomi daerah. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan kontem media social TikTok untuk Desa Bejijong Kota Mojokerto yang merupakan destinasi wisata berbasis sejarah. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode design thinking yang dibagi menjadi lima tahap, yaitu yakni emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Berdasarkan temuan penelitian, materi video TikTok memiliki banyak potensi untuk mengedukasi pemirsa tentang atraksi wisata Kampung Majapahit Bejijong. Konten tentang Kampung Majapahit Bejijong dapat dengan mudah diakses dan dibagikan oleh pengguna, sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang destinasi wisata tersebut. Kata Kunci: Promosi, Perancangan media, Desa wisata, TikTokDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-10-16
How to Cite
Sukmawati, R. E., & Anggalih, N. N. (2024). PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI PROMOSI DESA WISATA KAMPUNG MAJAPAHIT BEJIJONG. BARIK, 6(2), 199–213. https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i2.64002
Issue
Section
Articles

