Perancangan Tampilan Antarmuka Fitur Gamifikasi Pada Aplikasi Mobile Campaign #ForChange

Authors

  • Anisa Candra Kartika Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i3.64921

Abstract

Media sosial menjadi salah satu aplikasi yang memiliki daya tarik bagi user karena beragam fiturnya yang menarik. User dapat menyuarakan pendapat atau membuat kampanye mereka hanya dengan melalui aplikasi, sehingga mampu mendapatkan atensi yang besar bagi user lainnya. Sama halnya seperti aplikasi Campaign yang menyediakan wadah bagi para organisasi, komunitas, perusahaan maupun individu dalam melaksanakan kampanye untuk menciptakan perubahan sosial berkelanjutan. Namun beberapa user Campaign app merasa demotivasi sehingga mengakibatkan tidak terselesaikannya aksi dalam challenge, sehingga perlu adanya inovasi fitur yang dapat meningkatkan motivasi serta penggunaan app. Perancangan tampilan antarmuka fitur gamifikasi pada aplikasi Campaign menjadi salah satu bentuk solusi ide dalam meningkatkan motivasi user. Proses penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode perancangan design thinking. Proses visualisai dalam design thinking melibatkan beberapa tahapan seperti analisis data, perancangan desain, validasi ahli materi dan ahli media, serta usability testing. Hasil validasi oleh para ahli dan pengujian terhadap pengguna menunjukkan hasil yang layak dengan nilai rata – rata 94,5% dan 68,75%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Kartika, A. C. (2024). Perancangan Tampilan Antarmuka Fitur Gamifikasi Pada Aplikasi Mobile Campaign #ForChange. BARIK, 6(3), 15–28. https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i3.64921

Issue

Section

Articles
Abstract views: 119 , PDF Downloads: 152