Analisis Tanda Artificial Intelligence untuk Perancangan Visual Identity
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i3.64939Abstract
Sebelum kemajuan teknologi, keterampilan menggambar dan memanipulasi visual secara manual adalah kunci utama bagi desainer. Hadirnya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang diprakarsai oleh Alan Turing pada tahun 1950, teknologi kecerdasan buatan ini membawa dampak besar. Salah satunya dengan memberikan peluang pada Bidang Desain Grafis, desain logo atau visual identity. Penelitian ini mengkaji dampak kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) terhadap perancangan visual identity dengan menggunakan dua platform AI yakni OpenArt AI dan Bing Image Creator atau Copilot Designer. Studi ini menerapkan pendekatan berupa Metode Deskriptif Kualitatif dan teknik analisisnya menggunakan Metode Tinjauan Desain serta Metode Semiotika Pierce pada Tahap Interpretasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, dampak AI terhadap perancangan visual identity sudah memiliki kecakapan dari segi nilai fungsi dan nilai kreativitas meskipun masih ada ketidaksempurnaan dari hasil logo AI tersebut. Sehingga hasil logo AI masih tetap tidak dapat digunakan secara langsung oleh pengguna. Kekurangan ini dapat diminimalisir dengan seringnya melatih model generatif AI dengan dataset (training data) serta menyunting dengan penggunaan perangkat lunak desain seperti Adobe atau Canva.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-12-24
How to Cite
Windasari Dwiastuti. (2024). Analisis Tanda Artificial Intelligence untuk Perancangan Visual Identity. BARIK, 6(3), 29–42. https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i3.64939
Issue
Section
Articles
Abstract views: 344
,
PDF Downloads: 335