Pengembangan Konten Instagram "Kopi Rempong" Sebagai Media Promosi

Authors

  • Fadhly Achmad Alfian Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i1.65831

Abstract

Kedai Kopi Rempong merupakan salah satu kedai kopi yang memiliki jaringan sosial dengan para pegiat seni yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Namun konten Instagram yang digunakan sebagai media promosinya belum dikelola secara maksimal. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner kepada 25 pelanggan didapatkan penilaian bahwa konten yang disajikan kurang menarik karena kurang memperhatikan prinsip desain. Penelitian ini bertujuan mengembangkan konten Instagram yang terkonsep sebagai media promosi Kedai Kopi Rempong. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode penelitian design thinking lima tahap menurut Kelley & Brown, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Penelitiann ini menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Hasil penelitian ini berupa desain konten yang bertema minimalis dengan menggunakan font Monserrat serta menggunakan palet warna coklat muda, coklat tua, dan putih. Desain yang dihasilkan berupa desain feed, story, dan cover highlight, serta terdapat pula media pendukung berupa social media guideline. Hasil penelitian diuji coba kepada 39 responden, mendapatkan skor 88,6% tergolong dalam kategori kelayakan sangat baik dengan hasil yang menunjukkan bahwa desain yang mencerminkan karakter dari Kedai Kopi Rempong, mudah dibaca, dan lebih informatif dibanding desain konten sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Fadhly Achmad Alfian. (2025). Pengembangan Konten Instagram "Kopi Rempong" Sebagai Media Promosi. BARIK, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i1.65831

Issue

Section

Articles
Abstract views: 279 , PDF Downloads: 193