Pengembangan Konten Instagram Stechoq Academy sebagai Media Promosi

Authors

  • Shofiy Fadila Sasongko Puteri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK: Stechoq Academy menggunakan media sosial Instagram sebagai media promosi pembelajaran course dan bootcamp, edukasi seputar perkuliahan dan dunia kerja, serta penyampaian informasi berkaitan dengan program MSIB dengan tujuan menarik daya minat mahasiswa untuk bergabung mengikuti program MSIB di Stechoq Academy. Namun Stechoq Academy mengalami kendala pada tampilan visual desain konten Instagram yang kurang konsisten dan penggunaan warna yang monoton. Oleh karena itu, pengembangan desain konten Instagram Stechoq Academy menjadi langkah penting dalam meningkatkan ketertarikan audiens media promosi Stechoq Academy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Proses perancangan konten ini dianalisis dengan teknik analisi SWOT dan dirancang menggunakan metode design thinking. Desain dibuat dengan konsep gaya desain flat design, menggunakan kombinasi warna solid seperti biru, kuning, dan putih, dan menggunakan pemilihan tipografi jenis sans serif seperti font “Montserrat” dengan karakteristik yang bersih dan jelas. Pengembangan ini menghasilkan konten Instagram berupa feed, sampul reels, story Instagram, dan sampul highlight story Instagram. Berdasarkan hasil uji coba terbatas kepada audiens, konten yang telah dikembangkan tersebut memiliki kesesuaian visual dan kejelasan informasi yang lebih baik serta aspek interaktivitas yang dapat mendorong audiens untuk memberi feedback pada konten yang disajikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Shofiy Fadila Sasongko Puteri, Universitas Negeri Surabaya

ABSTRAK: Stechoq Academy menggunakan media sosial Instagram sebagai media promosi pembelajaran course dan bootcamp, edukasi seputar perkuliahan dan dunia kerja, serta penyampaian informasi berkaitan dengan program MSIB dengan tujuan menarik daya minat mahasiswa untuk bergabung mengikuti program MSIB di Stechoq Academy. Namun Stechoq Academy mengalami kendala pada tampilan visual desain konten Instagram yang kurang konsisten dan penggunaan warna yang monoton. Oleh karena itu, pengembangan desain konten Instagram Stechoq Academy menjadi langkah penting dalam meningkatkan ketertarikan audiens media promosi Stechoq Academy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Proses perancangan konten ini dianalisis dengan teknik analisi SWOT dan dirancang menggunakan metode design thinking. Desain dibuat dengan konsep gaya desain flat design, menggunakan kombinasi warna solid seperti biru, kuning, dan putih, dan menggunakan pemilihan tipografi jenis sans serif seperti font “Montserrat” dengan karakteristik yang bersih dan jelas. Pengembangan ini menghasilkan konten Instagram berupa feed, sampul reels, story Instagram, dan sampul highlight story Instagram. Berdasarkan hasil uji coba terbatas kepada audiens, konten yang telah dikembangkan tersebut memiliki kesesuaian visual dan kejelasan informasi yang lebih baik serta aspek interaktivitas yang dapat mendorong audiens untuk memberi feedback pada konten yang disajikan.

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Shofiy Fadila Sasongko Puteri. (2025). Pengembangan Konten Instagram Stechoq Academy sebagai Media Promosi. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 7(1), 16–27. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/65833

Issue

Section

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0