Perancangan Board game “Sigma Hotel” sebagai Media Reduksi Stres bagi Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i1.65868Abstract
Generasi Z merupakan generasi yang mendominasi saat ini. Generasi Z yang telah memasuki usia produkif dalam kesehariannya selalu dipenuhi dengan jadwal kegiatan yang padat, dan pekerjaan dikantor yang menumpuk. Kemajuan teknologi pun sangat dirasakan oleh Generasi Z masa kini, namun hal ini justru berbalik menjadi kendala, saat mereka merasa jenuh karena menatap layar terlalu lama. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu media untuk mereduksi stres Generasi Z, yaitu dengan media board game. Metode yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dan metode perancangan design thinking stanford. Proses perancangan dimulai dari mengumpulkan data dilapangan dengan observasi dan wawancara, didukung dengan pendalaman materi melalui studi literatur. Dilanjutkan dengan analisis data dengan SWOT, pencarian solusi dan ide, perancangan produk hingga validasi dan testing user. Setelah dilakukan uji coba terhadap Generasi Z, efektivitas board game Sigma Hotel terhadap stres Generasi Z valid, hal ini dapat dilihat dari persentase feedback yang diisi user melalui gform. Efektivitas produk mendapatkan angka persentase sebesar 90%, visualisasi media mendapatkan angka 90%, dan penyajian media mendapatkan angka sebesar 87,5%. Dengan demikian perancangan board game Sigma Hotel ini layak dan berdampak baik terhadap stres yang dialami Generasi Z.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2025-01-28
How to Cite
Tamon, Z. T. (2025). Perancangan Board game “Sigma Hotel” sebagai Media Reduksi Stres bagi Generasi Z. BARIK, 7(1), 70–82. https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i1.65868
Issue
Section
Articles

