Perancangan Video Promosi Produk Layanan Mobil Uji Tanah Petrokimia Gresik kepada Petani Muda di Jawa Timur

-

Authors

  • Muhammad Sultan Alif - Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Indonesia, sebagai negara agraris, sangat bergantung pada sektor pertanian, dengan pupuk sebagai elemen kunci dalam meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan pangan. PT Petrokimia Gresik menghadirkan layanan Mobil Uji Tanah (MUT) untuk membantu analisis kesuburan tanah dan penerapan pemupukan berimbang. Namun, survei menunjukkan bahwa 68% petani di Jawa Timur belum mengetahui layanan ini, dan mayoritas belum memahami cara mengaksesnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang video promosi layanan MUT yang ditujukan bagi petani muda di Jawa Timur menggunakan metode satu kali siklus Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil akhir berupa video berdurasi 2 menit 58 detik, yang telah divalidasi dengan skor 94% untuk aspek media dan 96% untuk aspek materi, membuktikan bahwa video ini informatif, menarik, dan relevan. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan karena hanya dilakukan hingga tahap pengujian (testing), sehingga efektivitas distribusi dan dampaknya terhadap audiens belum dianalisis lebih lanjut. Dengan adanya video ini, diharapkan kesadaran petani terhadap layanan MUT dapat meningkat, sehingga mendukung keberlanjutan pertanian dan menjadi media edukasi yang efektif bagi generasi petani masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

-, M. S. A. (2025). Perancangan Video Promosi Produk Layanan Mobil Uji Tanah Petrokimia Gresik kepada Petani Muda di Jawa Timur: -. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 7(1), 167–181. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/66086

Issue

Section

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0