Perancang Kemasan Jamu Sinom Produksi Ustadza Gresik
Abstract
Identitas visual adalah semua gambaran dan informasi grafis yang mengungkapkan suatu merek dan membedakannya dari merek lain. Beberapa pelaku usaha tidak mementingkan identitas visual terutama dalam bidang desain kemasan, salah satunya yaitu jamu sinom Ustadza yang bergerak di bidang minuman. Desain kemasan jamu sinom produksi Ustadza terlihat sama dan berseragam seperti kompetitor. Ibu Maimunah selaku pemilik usaha kurang memahami dan tidak memiliki kemampuan mendesain kemasan. Sehingga dilakukanlah perancangan kemasan jamu sinom produksi Ustadza yang menarik interaksi audiens. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis 5W+1H dan metode perancangan Design Thinking. proses perancangan diawali dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Desain dibuat menggunakan elemen visual bertema minimalis, menggunakan jenis logo lettermark, font dekoratif dan perpaduan warna hijau dan putih. Perancangan ini menghasilkan desain kemasan primer dan kemasan sekunder. Dari hasil uji coba terbatas kepada audiens, desain kemasan yang telah dirancang dinilai memiliki tampilan yang lebih baik dan dapat menarik audiens terutama remaja.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2025-02-10
How to Cite
Muhammad Hasymi Al-fariqi. (2025). Perancang Kemasan Jamu Sinom Produksi Ustadza Gresik. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 7(1), 152–166. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/66119
Issue
Section
Articles

