REDESAIN BUKU PENDAMPING PELAJARAN BAHASA JERMAN Rätselbuch UNTUK SMA KELAS X
Abstract
Buku merupakan media pembelajaran yang paling umum digunakan. Akan tetapi, visualisasi yang minim seringkali menjadi penghambat bagi peserta didik untuk benar-benar memahami materi pembelajaran. Maka dari itu, diperlukan buku dengan visual yang dapat meningkatkan antusiasme peserta didik seperti Rätselbuch, yaitu buku yang memuat permainan teka-teki kata dalam Bahasa Jerman. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mendesain ulang Rätselbuch yang sebelumnya dibuat secara manual oleh Devita Danu Putri Pratiwi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengembangan menurut Sadiman yang dibagi dalam enam tahapan: menganalisis, menetapkan tujuan pembelajaran, merumuskan materi, mengukur keberhasilan, menyusun media pembelajaran, dan menguji validitas dan evaluasi. Selain itu, atikel ilmiah ini juga menggunakan metode wawancara untuk pengumpulan data serta menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Materi yang digunakan bersumber dari buku Deutsh der erste Kontakt. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media Rätselbuch memiliki skor validitas materi sebesar 91% dan skor validitas visual sebesar 66%, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jerman. Kata kunci: Rätselbuch, Pengembangan, Bahasa JermanDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2025-04-28
How to Cite
Amiruddin, F., & Marsudi. (2025). REDESAIN BUKU PENDAMPING PELAJARAN BAHASA JERMAN Rätselbuch UNTUK SMA KELAS X . BARIK, 6(1), 248–256. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/66256
Issue
Section
Articles

