Semiotika Visual Karakter Młynar Nearl Dalam Game Tower Defense Arknights
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i1.67014Abstract
Penelitian ini mengkaji desain karakter dalam game Arknights dengan fokus pada karakter Młynar Nearl menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes dan teori antropomorfisme. Desain karakter Młynar Nearl, yang terinspirasi dari mitos Hussar Bersayap dari Polandia, dianalisis untuk memahami makna denotatif, konotatif, dan mitos yang terkandung dalam visual dan narasi karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan sumber data berupa aset visual karakter serta kajian literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik semiotika yang digunakan berhasil membangun karakter dengan dimensi simbolis yang kaya. Atribut seperti manica, gauntlet, dan pedang merepresentasikan keberanian dan warisan budaya yang kuat. Penelitian ini juga mengungkap bahwa simbolisme budaya dan mitos yang diterapkan menciptakan daya tarik universal bagi pemain global, sekaligus memperkuat identitas karakter dalam konteks desain game. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan karakter game yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga menyampaikan nilai-nilai budaya dan simbolis yang kompleks, yang bermanfaat bagi industri desain visual dan ekonomi kreatif
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 52
,
PDF Downloads: 47