Puzzle sebagai Media Interaktif Pembelajaran Aksara Jawa untuk Siswa Kelas 2 di SD Muhammadiyah Kompleks Gresik (MUGRES)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i1.67150Abstract
Aksara Jawa merupakan aksara atau huruf yang digunakan untuk menulis Bahasa Jawa. Ironisnya hanya sebagian kecil penutur Bahasa Jawa yang memahami Aksara Jawa, khususnya para generasi muda. Hal ini terjadi akibat rendahnya minat generasi muda dalam mempelajari Aksara Jawa, seperti yang terjadi di SD Muhammadiyah Kompleks Gresik (Mugres), yaitu kurangnya minat siswa kelas dua dalam mempelajari materi Aksara Jawa, serta terbatasnya media pembelajaran yang tersedia. Berdasarkan analisis permasalahan tersebut, media puzzle interaktif Aksara Jawa dirancang untuk menjadi alternatif yang lebih efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan digunakan sebagai teknik pengumpulan data, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik 5W+1H. metode perancangan yang digunakan adalah Design Thinking dari Kelly dan Brown 5 tahap dengan satu kali siklus dengan tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil dari perancangan ini berupa Puzzle Chunky Caraka, Kemasan Puzzle, Buku Tulis Caraka, dan Pensil Caraka. Puzzle interaktif Aksara Jawa Caraka ini sangat berhasil untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat siswa dalam mempelajari Aksara Jawa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

