Perancangan Konten Feed Instagram Sebagai Media Promosi Depot Ayam Panggang Kotijah
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i2.67335Abstract
Depot Ayam Panggang Kotijah, yang terletak di Desa Munggut, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, dan telah beroperasi sejak tahun 2005 dengan menu andalan penyetan yang dikenal oleh masyarakat luas. Permasalahan yang dihadapi oleh depot ini adalah kurang efektifnya media promosi cetak yang selama ini digunakan dalam meningkatkan nilai penjualan, sehingga diperlukan adanya media promosi yang lebih sesuai dan relevan guna memperkenalkan produk secara luas kepada masyarakat. Dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut, perancagan ini menggunakan metode kualitatif yang meliputi beberapa tahapan, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, perumusan strategi perancangan, serta mendeskripsikan proses perancangan konten. Data dikumpulkan melalui wawancara. observasi lapangan, serta studi literatur yang relevan dengan topik penelitian. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan USP (Unique Selling Point). Hasil akhir dari penelitian ini adalah desain Feed Instagram yang dirancang sebagai media promosi utama, yang mencakup elemen visual seperti foto makanan berkualitas tinggi, video proses memasak yang menarik, dan desain grafis promosi yang informatif serta merancang logo pada depot yang mengadaptasi citra visual wajah pemilik sebagai elemen utama dalam visual merek, juga media pendukung seperti nota pembelian dan banner yang dirancang untuk menyampaikan pesan secara singkat dan jelas. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram terbukti menjadi platform yang efektif untuk mempromosikan Depot Ayam Panggang Kotijah, di mana dengan visual yang menarik dan konten yang informatif, Instagram dapat membantu menarik perhatian pelanggan baru, meningkatkan kesadaran merek, dan mendorong kunjungan ke depot, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan penjualan dan loyalitas pelanggan di era digital saat ini.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

